Tuesday, October 15, 2013

Susunan Acara Lamaran

Hi All! Berhubung acara lamaran saya sudah diselenggarakan Juni 2013 lalu dan Alhamdulillah sukses, mungkin akan membantu calon-calon pengantin yang lain yang berniat mengadakan acara lamaran atau pertunangan kalau saya posting susunan acara lamaran di sini. Berhubung ini adalah salah satu faktor yang bikin saya kebingungan saat akan melaksanakan lamaran :) So, here it goes...


Acara Lamaran saya. Photo by: Dekraft Photo
11:00 – 11:05   Diawali dengan kedatangan rombongan keluarga CPP ke rumah CPW. Keluarga CPP menyerahkan seserahan kepada pihak keluarga CPW.


11:05 – 11:10 Pembukaan acara oleh MC atau pembawa acara. MC menanyakan maksud dan tujuan Keluarga CPW datang ke rumah. (Posisi CPW masih di dalam kamar) *ini sebetulnya basa-basi doang sih...

11:10 – 11:15 Keluarga dari pihak pria mengutarakan maksud dan tujuan kedatangan rombongan keluarga pria yang biasanya diwakilkan oleh utusan yang sudah ditunjuk (yaitu untuk melamar). Sebagai formalitas, pihak keluarga pria menanyakan kesediaan mempelai wanita untuk menerima atau menolak lamaran?

11: 15 – 11:30 Nah di sini, kalau mau bisa diselipin 'lelucon'. Begitu CPW bilang "iya mau dilamar" trus nanti yang keluar malah sepupunya atau siapa deh yg mau jadi stunt. Trus Bapak bilang, "yang ini bukan?" gitu terus sampe CPW yang keluar hehehehe, biar gak tegang2 amat suasananya.
Bisa juga ditanting, yaitu orangtua CPW masuk ke dalam kamar dan menanyakan mau atau tidak dilamar. Begitu bilang mau, yang keluar orang lain dulu agar suasana bisa cair.

11:30 – 11:35 Kemudian, CPW duduk di antara orangtua CPW, di hadapan CPP dan keluarga CPP.

11:35 – 11:40  Trus, Acara pemasangan cincin oleh CPP atau ibu CPP kepada si CPW. Nah, ada kalanya dari ibu CPW kepada si CPP memberikan tanda mata. Terserah bentuknya apa.  Tapi kalo ga ngasih juga ga apa apa. Waktu pertunangan saya, ibu CPW menyuguhkan air ke CPP dan harus habis. Haha!

11:40 – 11:55  Selanjutnya acara perkenalan bagi kedua keluarga. Dimulai dengan perkenalan keluarga dari CPP terlebih dulu. Bisa juga langsung dilanjutkan dengan perkenalan keluarga dari pihak CPW, atau dilanjutkannya setelah makan siang saja.

11:55 – 12:00 Selanjutnya, MC akan mengumumkan sedikit kisi kisi soal acara pernikahan: tanggal berapa, teknisnya bagaimana (akad langsung nyambung resepsi atau bagaimana) dan lokasi dimana serta mengharapkan restu dari semua yang hadir. 

12:00 – 12:05 Memanjatkan doa merupakan penutup acara lamaran dengan tujuan agar semua berjalan lancar hingga hari pernikahan berlangsung. 

12:05 Penutupan oleh MC. MC mempersilahkan para hadirin untuk menikmati santap siang bersama sebagai ramah tamah dan merayakan acara lamaran yang berjalan lancar.

*13:00 – 14:00 (Seselesainya acara) Keluarga CPP pamit: penyerahan angsul angsulan oleh pihak keluarga perempuan. 

Adapun hal-hal lain yang mungkin harus diperhatikan adalah sbb:

1.       Jumlah tamu yang akan datang, berkaitan dengan jumlah kursi dan porsi makanan yang harus disiapkan, serta pengaturan parkir kendaraan. (Mungkin harus berkompromi dengan satpam di lingkungan kompleks, misalnya)

2.       Pengaturan tempat duduk ketika acara lamaran berlangsung, terutama para sesepuh sebaiknya di barisan depan. → Kakaknya Ibunda CPW, Kakak-kakaknya Ayahanda CPW, baru kemudian di belakang duduk adik-adiknya Ibunda dan adik Ayahanda CPW, bersama sepupu-sepupu (di belakang lagi)


3.      Penentuan siapa wakil dari keluarga (yg akan memperkenalkan nama-nama dari pihak keluarga Wanita & Pria)

4.       Jumlah pasukan (berikut nama2nya) untuk mengangkut hantaran tersebut, menyimpannya di tempat yang telah ditentukan, dan menjaga hantaran2.

5.       Surat ke Pengurus RT dan Koordinasi Keamanan, berkenaan dengan pengaturan parkir dan lalu-lintas kendaraan tamu oleh petugas Satpam dan ketidak-nyamanan tetangga selama acara berlangsung

*Sumber: dirangkum dari berbagai sumber. Semoga sukses acara lamarannya ya!

6 comments:

  1. thanks banget buat sharingnya... berguna bgtt nih...

    ReplyDelete
  2. Wah ... bagus banget nih. Thanks for share... Good

    ReplyDelete
  3. Wah, terima kasih banget info sharingnya..
    Saya lagi kebingungan mau gimana acaranya :)

    ReplyDelete
  4. tengkyuu ya atas sharingnya,, menginspirasi skali,,, : *

    ReplyDelete

Please kindly give your feedback regarding this post!

Note: Only a member of this blog may post a comment.